Senin, 08 Juni 2009

Preface

Source: Preface.pdf

IMK berkaitan dengan aspek-aspek interaksi antara manusia dan komputer sehingga dapat mencapai kondisi yang senyaman mungkin ketika pengguna bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang lama.
>> Apa itu Interaksi Manusia Komputer?

Interaksi Manusia-Komputer (IMK) adalah “Hal-hal yang berkaitan dengan desain, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia serta kajian tentang fenomena yang terlibat dengannya” (ACM SIGCHI, 1992, p.6).
Kajian tentang:
  • Manusia, bagaimana manusia menerima dan memproses informasi, apakah keterbatasan dan kelebihan manusia
  • Komputer, teknologi komputer yang dapat digunakan untuk menerima, memproses, dan mempersembahkan informasi, keterbatasandan kelebihannya
  • Interaksi di antara kedua elemen di atas

>> Evolusi Antaramuka
  • 50an – Antaramuka pada level hardware untuk teknik – switch panel
  • 60-70an – Antaramuka pada level pemrograman – COBOL, FORTRAN
  • 70-90an – Antaramuka pada level instruksi
  • 80an – Antaramuka pada level dialog interaksi – GUI, multimedia
  • 90an – Antaramuka pada level lingkungan kerja – sistem network, groupware
  • 00an – Antaramuka berkembang dengan luas – mobile devices, consumer electronics, interactive screens,. etc

>> Dari IMM kepada IMK
Interaksi manusia-mesin (IMM) atau MMI mengkaji tentang desain antaramuka mesin-mesin yang digunakan di rumah dan tempat kerja. Interaksi manusia-komputer (IMK) atau HCI mengkaji tentang desain, penilaian, dan implementasi sistem interaktif.


>> Indikator IMK
  • Ramah dengan pengguna (user friendly)
Menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh perangkat yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan perangkat tersebut.
  • WYSIWYG (what you see is what you get)
Senjata andalan penjual perangkat dan syarat yang ditetapkan pengguna perangkat.

>> Apa kepentingan IMK?
  • Sudut pasaran: Jika sesuatu produk sukar digunakan, pengguna akan beralih ke produk yang lain. Manusia menggunakan komputer setiap hari, dan manusia tiada masa untuk belajar:
  • Komputer (peralatan) seharusnya mudah digunakan
  • Sistem harus mempunyai desain yang baik
  • Latihan yang minimum
  • Pengguna yang pelbagai
  • Sudut kemanusiaan:
  • Manusia mempunyai kelemahan
  • Kesilapan/ralat mengakibatkan: Kehilangan masa, Kehilangan wang, Kehilangan nyawa jika melibatkan sistem yang kritikal dan Kehilangan semangat
  • Sudut sosial: Komputer memberi sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia, tidak dapat diabaikan:
  • Pembelajaran anak-anak
  • Memberi nasihat ahli berdasarkan informasi /sejarah
  • mengontrol lalu lintas dan lintasan udara
  • mengontrol kilang bahan kimia/nuklear
  • mengontrol misi angkasa luar
  • dll


>> Tujuan IMK
  • Membangunkan produk yang reliable. Reliable’ bermaksud mudah dipelajari, berkesan jika digunakan dan memberikan kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan
  • Melibatkan pengguna dalam proses mendesain

>> Bidang-Bidang yang berkaitan dengan IMK
  • Ilmu Komputer, Komponen utama = komputer
  • Teknik Elektro, Sisi perangkat keras
  • Psikologi, Sifat dan kebiasaan pengguna
  • Perancangan Grafis, Tampilan Grafis
  • Ergonomik, Lingkungan
  • Antropologi, Ilmu tentang manusia
  • Linguistik, Bahasa komunikasi
  • Sosiologi, Kaitan dengan struktur sosial

>> Komponen Utama Program Aplikasi
  • Bagian antarmuka. Berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dan komputer.
  • Bagian aplikasi. Berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut.
  • Myers (1989), Penelitian pada berbagai aplikasi kecerdasan buatan menunjukkan bahwa 40-50% dari keseluruhan statemen program aplikasi dan memori yang ada diperuntukan bagi pengembangan antarmukanya.

>> Strategi Pengembangan Antarmuka
Secara garis besar, pengembangan bagian antarmuka perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
  • Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
  • Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
  • Penggunaan prototipe yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara (calon) pengguna dan perancang sistem
  • Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan.

>> Pentingnya Perancangan Antarmuka Pengguna yang Baik
  • Mengurangi biaya penulisan program. Dalam pemrograman antarmuka pengguna grafis, rata-rata 70% penulisan program berkaitan dengan antarmuka.
  • Mempermudah penjualan produk. Suatu produk dilihat pertama kali dari tampilannya, apabila tampilannya menarik biasanya akan menarik minat orang untuk menggunakan aplikasi tersebut.
  • Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi. Dengan antarmuka yang menarik, biasanya pengguna akan tertarik untuk menggunakan suatu aplikasi komputer.

>> Dampak Antarmuka Pengguna yang Baik
  • Peningkatan produktivitas
  • Mengurangi biaya pelatihan pegawai
  • Mencegah pengambil alihan pegawai
  • Kepuasan pengguna
  • Produksi hasil dengan kualitas yang lebih baik.

>> Penyebab adanya antarmuka yang kurang baik

  • Kurangnya pendidikan/pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antarmuka.
  • Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang antarmuka pengguna yang baik.
  • Perkembangan teknologi yang sangat cepat.
  • Koordinasi yang kurang baik dalam pengembangan aplikasi

>> Bidang Kerja Dalam IMK
  • Designer interaksi – mereka yang terlibat dalam mendesain semua aspek interaktif sesuatu produk.
  • Designer web – mereka yang membangun dan mencipta desain laman web.
  • Arsitek Infromasi – mereka yang mencetuskan idea tentang bagaimana untuk merancang produk interaktif.
  • User experience designers – mereka yang membuat kesemua di atas termasuk menjalankan kajian tentang desain produk.


Sumber: Dimpo Sinaga, S.Kom
Materi Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Kamis, 14 Juni 2009
Semester II STIKOM CKI Wijaya Kusuma

Tidak ada komentar: