Source: Preface.pdf
IMK berkaitan dengan aspek-aspek interaksi antara manusia dan komputer sehingga dapat mencapai kondisi yang senyaman mungkin ketika pengguna bekerja di depan komputer untuk selang waktu yang lama.
>> Apa itu Interaksi Manusia Komputer?Interaksi Manusia-Komputer (IMK) adalah “Hal-hal yang berkaitan dengan desain, penilaian dan implementasi sistem komputer interaktif untuk kegunaan manusia serta kajian tentang fenomena yang terlibat dengannya” (ACM SIGCHI, 1992, p.6).
Kajian tentang:- Manusia, bagaimana manusia menerima dan memproses informasi, apakah keterbatasan dan kelebihan manusia
- Komputer, teknologi komputer yang dapat digunakan untuk menerima, memproses, dan mempersembahkan informasi, keterbatasandan kelebihannya
- Interaksi di antara kedua elemen di atas
>> Evolusi Antaramuka
- 50an – Antaramuka pada level hardware untuk teknik – switch panel
- 60-70an – Antaramuka pada level pemrograman – COBOL, FORTRAN
- 70-90an – Antaramuka pada level instruksi
- 80an – Antaramuka pada level dialog interaksi – GUI, multimedia
- 90an – Antaramuka pada level lingkungan kerja – sistem network, groupware
- 00an – Antaramuka berkembang dengan luas – mobile devices, consumer electronics, interactive screens,. etc
>> Dari IMM kepada IMK
Interaksi manusia-mesin (IMM) atau MMI mengkaji tentang desain antaramuka mesin-mesin yang digunakan di rumah dan tempat kerja. Interaksi manusia-komputer (IMK) atau HCI mengkaji tentang desain, penilaian, dan implementasi sistem interaktif.
>> Indikator IMK
- Ramah dengan pengguna (user friendly)
Menunjuk kepada kemampuan yang dimiliki oleh perangkat yang mudah dioperasikan dan mempunyai sejumlah kemampuan lain sehingga pengguna merasa betah dalam mengoperasikan perangkat tersebut.
- WYSIWYG (what you see is what you get)
Senjata andalan penjual perangkat dan syarat yang ditetapkan pengguna perangkat.
>> Apa kepentingan IMK?
- Sudut pasaran: Jika sesuatu produk sukar digunakan, pengguna akan beralih ke produk yang lain. Manusia menggunakan komputer setiap hari, dan manusia tiada masa untuk belajar:
- Komputer (peralatan) seharusnya mudah digunakan
- Sistem harus mempunyai desain yang baik
- Latihan yang minimum
- Pengguna yang pelbagai
- Sudut kemanusiaan:
- Manusia mempunyai kelemahan
- Kesilapan/ralat mengakibatkan: Kehilangan masa, Kehilangan wang, Kehilangan nyawa jika melibatkan sistem yang kritikal dan Kehilangan semangat
- Sudut sosial: Komputer memberi sumbangan yang besar dalam kehidupan manusia, tidak dapat diabaikan:
- Pembelajaran anak-anak
- Memberi nasihat ahli berdasarkan informasi /sejarah
- mengontrol lalu lintas dan lintasan udara
- mengontrol kilang bahan kimia/nuklear
- mengontrol misi angkasa luar
- dll
>> Tujuan IMK
- Membangunkan produk yang reliable. Reliable’ bermaksud mudah dipelajari, berkesan jika digunakan dan memberikan kepuasan dan pengalaman yang menyenangkan
- Melibatkan pengguna dalam proses mendesain
>> Bidang-Bidang yang berkaitan dengan IMK
- Ilmu Komputer, Komponen utama = komputer
- Teknik Elektro, Sisi perangkat keras
- Psikologi, Sifat dan kebiasaan pengguna
- Perancangan Grafis, Tampilan Grafis
- Ergonomik, Lingkungan
- Antropologi, Ilmu tentang manusia
- Linguistik, Bahasa komunikasi
- Sosiologi, Kaitan dengan struktur sosial
>> Komponen Utama Program Aplikasi
- Bagian antarmuka. Berfungsi sebagai sarana dialog antara manusia dan komputer.
- Bagian aplikasi. Berfungsi untuk menghasilkan informasi berdasarkan olahan data yang sudah dimasukkan oleh pengguna lewat algoritma yang disyaratkan oleh aplikasi tersebut.
- Myers (1989), Penelitian pada berbagai aplikasi kecerdasan buatan menunjukkan bahwa 40-50% dari keseluruhan statemen program aplikasi dan memori yang ada diperuntukan bagi pengembangan antarmukanya.
>> Strategi Pengembangan Antarmuka
Secara garis besar, pengembangan bagian antarmuka perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut:
- Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer
- Berbagai informasi yang berhubungan dengan karakteristik dialog
- Penggunaan prototipe yang didasarkan pada spesifikasi dialog formal yang disusun secara bersama-sama antara (calon) pengguna dan perancang sistem
- Teknik evaluasi yang digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototipe yang telah dilakukan.
>> Pentingnya Perancangan Antarmuka Pengguna yang Baik
- Mengurangi biaya penulisan program. Dalam pemrograman antarmuka pengguna grafis, rata-rata 70% penulisan program berkaitan dengan antarmuka.
- Mempermudah penjualan produk. Suatu produk dilihat pertama kali dari tampilannya, apabila tampilannya menarik biasanya akan menarik minat orang untuk menggunakan aplikasi tersebut.
- Meningkatkan kegunaan komputer pada organisasi. Dengan antarmuka yang menarik, biasanya pengguna akan tertarik untuk menggunakan suatu aplikasi komputer.
>> Dampak Antarmuka Pengguna yang Baik
- Peningkatan produktivitas
- Mengurangi biaya pelatihan pegawai
- Mencegah pengambil alihan pegawai
- Kepuasan pengguna
- Produksi hasil dengan kualitas yang lebih baik.
>> Penyebab adanya antarmuka yang kurang baik
- Kurangnya pendidikan/pelatihan yang berkaitan dengan perancangan antarmuka.
- Penyebaran pengetahuan yang diperlukan untuk merancang antarmuka pengguna yang baik.
- Perkembangan teknologi yang sangat cepat.
- Koordinasi yang kurang baik dalam pengembangan aplikasi
>> Bidang Kerja Dalam IMK
- Designer interaksi – mereka yang terlibat dalam mendesain semua aspek interaktif sesuatu produk.
- Designer web – mereka yang membangun dan mencipta desain laman web.
- Arsitek Infromasi – mereka yang mencetuskan idea tentang bagaimana untuk merancang produk interaktif.
- User experience designers – mereka yang membuat kesemua di atas termasuk menjalankan kajian tentang desain produk.
Sumber: Dimpo Sinaga, S.Kom
Materi Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Kamis, 14 Juni 2009
Semester II STIKOM CKI Wijaya Kusuma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar