Sabtu, 06 Juni 2009

Microsoft Windows XP

Merupakan sistem operasi yang dikeluarkan Microsoft Corporation pada tanggal 25 Oktober 2001 di Amerika Serikat. Nama XP sendiri, menurut Microsoft singkatan dari kata eXPerience, yang artinya

Windows XP membawa pengalaman baru dalam dunia komputasi, atau setidaknya begitulah yang diharapkan oleh Microsoft. Windows XP sebelumnya dikenal dengan kode sandi “Whistler”, yang mulai dikembangkan oleh para pengembang Microsoft pada pertengahan tahun 2000.
  • Merupakan penggabungan dari 2 OS Windows yaitu Windows berbasis Windows 9x dan berbasis NT (2K).
  • Menggunakan kernel (jantung sistem operasi) Windows NT 5.1, yang terkenal dengan kestabilannya, menggantikan kernel Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.
  • Merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen pada 30 Januari 2007.

Versi Windows XP
1. Windows XP Home Edition
Windows XP Home Edition adalah sistem operasi Windows XP yang ditujukan untuk pengguna dekstop rumahan.
2. Windows XP Professional
Windows XP Professional adalah sistem operasi Windows XP yang dibuat khusus untuk komputer desktop yang ditujukan untuk kantoran.
3. Windows XP Media Center Edition
Windows XP Media Center merupakan Windows XP Home Edition yang ditambahi dukungan fasilitas multimedia.
4. Windows XP Tablet PC Edition
Windows XP Tablet PC Edition merupakan Windows XP Profesional dengan fitur touch screen yang lebih baik, biasanya untuk PDA.
5. Windows XP Starter Edition
Windows XP Starter Edition merupakan versi Windows XP Home Edition yang diterjemahkan ke dalam bahasa lokal masing-masing.
6. Windows XP x64 Edition
Windows XP x64 Edition merupakan versi Windows XP yang khusus untuk prosesor dengan arsitektur tipe x86-64 (64 bit).

Kelebihan Windows XP
1. NTFS
Terdapat tiga file system yang berbeda dalam Windows, yaitu FAT16, FAT32 dan NTFS. File Allocation Table (FAT) digunakan sebelum Windows 2000, sedangkan New Technology File System (NTFS) digunakan untuk Windows NT termasuk XP.
Kelebihan :
Lebih aman, NTFS membolehkan mengatur izin dalam sebuah file dan folder. Menawarkan security yang jauh lebih baik, kompresi file, cluster bahkan support enkripsi data dengan metode Encrypting File System (EFS).
2. Stabil
Karena menggunakan kernel Windows NT [versi 5.1], operating sistem Windows XP berjalan stabil.
3. Firewall
Windows Firewall yang built-in dan powerful, dapat membantu melindungi Windows XP terhadap virus dan worms yang tersebar di Internet.
4. Automatic Update
Lebih mudah mengup-date Windows XP dengan updates otomatis. Windows XP akan mendownload update secara lebih efisien

Perbedaan XP Home & Profesional Edition
1. Remote Desktop
Yaitu sebuah istilah untuk mewakili kejadian di mana sebuah PC atau perangkat komputer yang ada di suatu lokasi tertentu dapat diakses, dan digunakan dari tempat yang berbeda lokasi. Windows XP Home Edition tidak ada feature ini. Akan tetapi kita dapat menggunakannya sebagai klien untuk mengakses Windows XP Profesional menjalankan Remote Desktop.
2. IIS
Internet Information Services (IIS) adalah feature Windows XP yang memungkinkan kita dapat membuat server sendiri (lokal) di komputer desktop. Seperti: http://localhost/. Windows XP Home Edition tidak mendukung feature ini. Sedangkan Windows XP Profesional Edition feature IIS ini sudah built-up.
3. Active Directory
Yaitu pengelolaan sistem domain dalam jaringan yang digunakan dalam Windows Server 2000 dan 2003. Dengan feature ini, sistem-sistem Microsoft Windows dapat diatur dari satu tempat saja. Windows XP Home Edition tidak mendukung feature ini. Sedangkan Windows XP Profesional Edition feature Active Directory ini sudah terintegrasi.
4. Offline File/Folder
Yaitu feature dalam Windows XP yang memungkinkan kita dapat mengakses file & folder pada jaringan ketika terputus dari server. Windows XP Home Edition tidak mendukung feature ini. Sedangkan Windows XP Profesional Edition feature Offline File/Folder ini sudah terintegrasi.

Dari berbagai sumber

Tidak ada komentar: