Sabtu, 06 Juni 2009

Microsoft Windows 7

Microsoft mulai panik dan dibayangi oleh kegagalan windows vista? Setidak-tidaknya situasi itu yang tergambarkan di hadapan publik saat ini, dengan dipersiapkannya system operasi mereka yang terbaru yaitu Windows 7. Selama ini dibenak publik telah beranggapan bahwa windows vista adalah system operasi yang rumit, harganya mahal, memerlukan penggunaan hardware kelas high end, kompabilitas dengan aplikasi lain dan sebagainya. Gagalkah windows vista?

Gak tau juga (coz penulis belum di telpon oleh Bill Gates dan Steve Balmer pemilik Microsoft *gubrakkk hue he he*), beberapa copy dari windows 7 sudah beredar di kalangan terbatas *ehm .. termasuk aQ*
Windows 7 apa sih?
Operating System Generasi kelanjutan dari Windows Vista


Kapan Keluar Win 7 Beta?
Melalui Windows 7 Team Blog, Microsoft telah mengumumkan bahwa download Windows 7 Beta secara resmi akan tersedia mulai hari Jumat, 9 Januari 2009 Pasific Time. Jika waktu yang dimaksudkan adalah pukul 00.00, maka untuk Waktu Indonesia Barat akan jatuh pada hari Jumat, 9 Januari 2009 pukul 15.00 WIB. Windows 7 Beta ini rencananya akan dapat didownload melalui halaman Windows 7 di Windows.com dan akan tersedia untuk edisi English, German, Japanese, Arabic, dan Hindi. Masing-masing akan tersedia versi 32-bit dan 64-bit kecuali untuk Hindi yang akan tersedia versi 32-bit saja. Fasilitas download Windows 7 Beta ini sendiri akan berlaku terbatas untuk 2,5 juta pendownload pertama.


Ada Apa Aja di Windows 7?
1. Ini beberapa tampilan desktopnya.


2. Taskbar yang keren
Mendapat perubahan terbesar sejak pertama kali debut di Windows 95. Windows 7 sudah tidak akan lagi menampilkan ikon aplikasi kecil lengkap dengan nama aplikasi melainkan hanya ikon berukuran besar mirip dengan Mac OS X.


3. Menu Jump List
Menu ini kan muncul di Start Menu atau saat pengguna melakukan klik di salah satu aplikasi Taskbar, memberikan beberapa pilihan pada pengguna untuk melakukan berbagai aksi yang didukung aplikasi. Gambar di bawah ini memperlihatkan jump list Windows Media Player (WMP) yang memberikan opsi pada pengguna untuk memutar lagu, melihat lagu-lagu terakhir yang diputar dan banyak lagi.


4. Konsep Library
Apabila Anda sudah mengenal konsep Library untuk lagu seperti yang dimiliki iTunes, konsep library di Windows 7 juga tidak akan asing bagi Anda. Fitur ini mengumpulkan semua file dalam PC Anda berdasarkan tipe ke dalam library masing-masing untuk memudahkan manajemen media. Sebagai contoh, semua foto dari semua PC dan jaringan akan dikumpulkan di sebuah library foto yang dapat diakses di satu tempat seperti gambar di bawah.

5. HomeGroups
Windows 7 memperkenalkan fitur jaringan baru bernama HomeGroups yang bertujuan untuk memudahkan beberapa komputer satu jaringan untuk saling berbagi file dan peripheral — seolah-olah semua itu terletak pada satu PC yang sama. Walaupun fitur-fitur Windows Networking sejak dulu selalu bertujuan sama, pada kenyataannya konfigurasi untuk menggunakan printer jaringan masih tetap terlalu sulit untuk sebagian besar pengguna.
6. Fitur Peeking
Pada Windows 7 memudahkan pengguna untuk dengan cepat membaca konten dalam satu jendela tanpa perlu berinteraksi dengan jendela tersebut. Menempatkan tetikus di atas thumbnail jendela di Task Bar akan mengubah semua jendela yang terbuka menjadi transparan kecuali jendela yang dipilih. Selain dapat “mengintip” jendela aplikasi tertentu pengguna juga dapat mengintip desktop Windows.

7. Fitur Layar Sentuh
Windows 7 adalah versi Windows pertama yang mendukung multi-touch yang memungkinkan Anda mengendalikan OS ini dengan kedua tangan. Masih banyak yang ragu apakah multi-touch akan merevolusi dunia PC sebagaimana ia merevolusi dunia ponsel. Saat ini hampir tidak ada PC yang beredar di pasar yang mendukung fitur layar sentuh selain TouchSmart dari HP dan Latitude XT dari Dell.


Kelebihan Windows 7 Beta
  1. Berjalan lebih cepat dibandingkan Vista, tapi masih sedikit lebih lambat dibandingkan XP, tapi untuk versi x64 merupakan versi yang paling cepat bila dibandingkan XP atau Vista.
  2. Fitur sekuriti yang benar-benar ketat. Jika sebelumnya kita bisa memaksa software untuk dapat diinstal di Vista (karena ada masalah kompatibilitas), kini tidak lagi.
  3. Lebih sedikit membutuhkan ruangan harddisk.
  4. Manajemen memory yang lebih baik.
  5. Pengaturan taskbar yang lebih baik.
  6. Hampir semua driver untuk Vista bisa digunakan di Windows 7.
  7. Help Tool yang lebih baik.

Kekurangan Windows 7 Beta
  1. Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7 (karena masih versi beta).
  2. Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7.


Inpirasi by Geeks n Mrs. Peni
Thx Alot


Tidak ada komentar: