Sabtu, 21 Maret 2009

Pendahuluan IMK

Dunia masa depan adalah Dunia Informasi, sehingga perkembangan suatu irganisasi/ perusahaan bahkan suatu bangsa atau negara ditentukan oleh penguasaan bangsa atas informasi yang kian kompleks dan canggih.
  • Sampai sekarang sistem komputer dipandang sebagai sarana pengolah informasi yang handal dan canggih, perkembangan selanjutnya jauh lebih luas yaitu sebagai sarana multi media, dengan demikian sistem komputer tidak terbatas hanya pengolah data seperti teks dan numerik saja, tetapi sistem yang akan memadukan teks, suara dan gambar (grafis).
  • Banyak bukti yang menunjukkan bahwa peranan sistem komputer bagi manusia cukup banyak manfaatnya, sebaliknya banyak bukti yang menunjukkan dampak negatif bagi manusia. Misalnya : Internet - Positif/negatif
  • Interaksi Manusia dan Komputer merupakan disiplin baru didalam ilmu komputer, ketika kita memberikan suatu perintah ke komputer dan komputer melaksanakan perintah tersebut, disini sudah terjadi interaksi antara manusia dengan komputer.

Aspek penting yang dibahas dalam disiplin ilmu ini adalah :
 Aspek Manusia
 Aspek Komputer
 Aspek Lingkungan Kerja

Tujuan utamanya adalah agar dicapai suatu kondisi yang nyaman bila bekerja dilingkungan sistem komputer dan memahami komputer sebagai perangkat/alat bantu bagi manusia agar ramah dengan pengguna (user friendly).


A. ANTAR MANUSIA - KOMPUTER
Kita mengetahui prinsip kerja sebuah sistem komputer adalah Input, Process, Output
Contoh : INPUT --> PROCESS --> OUTPUT
Agar pengguna (manusia) dengan komputer dapat saling mengenal atau mengerti bahwa perantara yang mereka gunakan adalah bahasa perantara (software) tersebut merupakan interface (antar muka) bagi pengguna (manusia). Contoh :
* Contoh Program dalam Bahasa Pascal;
* Aplikasi : A * B;
Var A, B, C : Integer;
Begin
Write ( ‘ Isi Nilai A : ‘);
Readln (A);
Write ( ‘ Isi Nilai B : ‘);
Readln (B);
C:= A * B ;
Writeln; Writeln ( ‘ Hasil A x B =’,C);
End.
Hasil : Isi A : 5
Isi B : 4
Hasil A x B = 20


Dari contoh program tersebut diatas dapat diuraikan dari kumpulan instruksi-instruksi seperti sbb:

* Contoh program dalam bahasa pascal
Tanda * diawal baris, berarti hanya komentar ( tidak diproses menjadi instruksi)
Var A, B, C : Integer
Var - Memberitahu ke komputer bahwa huruf-huruf dibelakangnya seperti A, B, C merupakan suatu Variable
A,B,C : Merupakan variable untuk menampung/mewakili suatu nilai masukan, proses dan output
Integer : menguraikan bahwa variable A,B,C merupakan nilai bilangan bulat
Write / Writeln : Tampilan
Read/ Readln : Baca / isi input data
Begin : Awal blok instruksi
End : Akhir blok instruksi


Contoh : Dialog Aplikasi dengan Komputer

Entry Biodata
NIK :
Nama Karyawan :
Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Status Nikah :
Alamat :
Telepon :

TOP PREV NEXT BOTTOM FIND ADD EDIT DELETE EXIT

Perkembangan aplikasi komputer saat ini, dikembangkan berbasis grafis atau GUI (Grafical User Interface) sehingga tampilan dialog aplikasi lebih menarik dan sangat mudah dioperasikan.
Perkembangan teknik pemrograman demikian juga, dikembangkan dengan teknik pemrograman visual (visual programming), sehingga para programmer (orang yang menyusun program aplikasi) jauh lebih mudah dalam membuat aplikasi dibanding dengan teknik pemrograman konvensional, dan hasil teknik pemrograman visual jauh lebih baik.


B. BIDANG STUDI
Beberapa bidang ilmu lain yang harus kita pahami dalam mempelajari tentang interaksi manusia dengan komputer yaitu :
  • Teknik Elektronika dan Ilmu Komputer
Ilmu Komputer pada umumnya dipandang dari sudut :
Hardware : Perangkat keras yang merupakan kumpulan atau terdiri dari komponen-komponen elektronika.
Software : Perangkat lunak merupakan interface bagi manusia dengan komputer agar dapat berinteraksi.
  • Psikologi
Para perancang sistem aplikasi harus mempertimbangkan aspek psikologi para pemakai (user). Sistem komputer jangan menjadi beban bagi user dalam mengoperasikannya, tetapi berikanlah sistem komputer yang mudah dipahami dan ramah terhadap pemakai (user).
  • Perancangan Grafis dan Tipografi
Perancanngan Grafis dan tipografis (seni cetak) merupakan suatu keahlian yang sangat dibutuhkan dalam perancangan dialog interaksi manusia denga komputer, sebab rancangan dialog sistem aplikasi berbasis grafis jauh lebih baik bagi user (pemakai) dalam mengoperasikan sistem tersebut.
  • Ergonomik (Lingkungan Kerja)
Lingkungan kerja sangat mempengaruhi interaksi manusia dengan komputer, seperti kondisi tempat kerja, posisi /letak tempat duduk, suhu ruangan, keamanan dll. Lingkungan kerja yang nyaman dan bersih merupakan harapan setiap pemakai.
  • Antropologi
Ilmu pengetahuan tentang manusia juga memegang peranan penting dalam sistem interaksi manusia dengan komputer :
Misalnya : Interaksi manusia sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakannya, sisi lain pandangan tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan dapat memberikan konstribusi sesuai dengan bidang masing-masing.
  • Linguistik (Ilmu Bahasa)
Agar interaksi manusia dengan komputer dapat berlangsung maka diperlukan sarana komunikasi yaitu software, supaya dapat berkomunikasi denga komputer harus mengerti/menguasai salah satu bahasa komputer, misalnya Basic, Fortran, C-Language, Assembly dll.
  • Sosiologi
Yaitu studi tentang pengaruh interaksi manusia dengan komputer dalam struktur sosial. Misalnya : Kehawatiran pegawai tentang sistem komputer yaitu : Masalah PHK, Mutasi dll.


C. STRATEGI PENGEMBANGAN ANTARMUKA
Program Aplikasi terdiri dari 2 ( dua) bagian penting yaitu :
Pertama : Bagian antarmuka yang berfungsi sebagai sarana dialog antar manusia dengan komputer misalnya : Menu Aplikasi, Entry data dll.
Kedua : Bagian antarmuka yang berfungsi sebagai sarana berkomunikasi lewat logika algorithma untuk menghasilkan informasi sesuai dengan input data proses yang diharapkan.


Kesimpulan :
  • Antarmuka (Dialog Aplikasi) menitikberatkan pada cara penyajian informasi .
  • Antarmuka (Program Applikasi) menitikberatkan pada proses dan algorithma
  • Implementasi bagian antarmuka (dialog) dan bagian algorithma program alikasi dapat dikerjakan secara paralel oleh tim yang berbeda. Misal : System Analyst & Design - Rancangan Sistem Aplikasi, Programmer - Menyusun statement & algorithma rancangan sistem aplikasi.
  • Secara garis besar perkembangan bagian antarmuka perlu memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :
>> Pengetahuan tentang mekanisme fungsi manusia sebagai pengguna komputer misalnya : Psikologi kognitif (kesadaran, pengertian) dan Tingkat konseptual dan kemampuan motorik untuk mengoperasikan komputer
>> Berbagai informasi mengenai karakteristik dialog seperti ragam dialog, struktur layout (tampilan) , isi, delay (tanggapan waktu) , teks, grafis dll.
>> Pengguna prototype yang didasarkan pada spesifikasi dialog yang disusun secara bersama-sama (dikonsultasikan antara calon pengguna/pemakai dan tim perancangan sistem).
>> Teknik Evaluasi yaitu digunakan untuk mengevaluasi hasil proses prototype yang telah dilakukan. Misalnya : Uji coba pada sejumlah kasus, kemudian melakukan tanya jawab maupun kuesioner sebagai umpan balik dari pemakai.

Bidang Interaksi Manusia Dengan Komputer adalah bidang ilmu yang terbuka untuk dipengaruhi dan mempengaruhi berbagai disiplin ilmu lain, yang mencakup teknik dan ilmu komputer sampai ilmu pengetahuan tentang manusia seperti psikologi, linguistik dan ergonomis sehingga ahli interaksi manusia dengan komputer dan biasanya mempunyai specialisasi dalam bidang tertentu.


Sumber : Dimpo Sinaga, S.Kom
http://homesweethome.web.id/wp-content/uploads/2009/01/user-300x225.jpg

Materi Kuliah IMK; Kamis, 26 Februari 2009

Tidak ada komentar: