Selasa, 17 November 2009

Evolusi Komputer [Pra Generasi]

Perkembangan komputer ada 4 (empat) tahap yaitu:
1. Tahap Manual
2. Tahap Mekanikal
3. Tahap Mekanik Elektronik
4. Tahap Elektronik



Tahap Manual

  • Komputer merupakan suatu profesi bagi seorang yang pekerjaanya menghitung seperti menghitung tabel navigasi untuk pelayaran, pemetaan, posisi planet untuk menentukan kalender astronomi, menghitung rumus dan fungsi dan lain-lain. Alat bantu untuk menghitung mulai dari sistem sepuluh jari, kerikil, dll. Beberapa alat bantu untuk menghitung: Abacus (sempoa) tua dan Abacus modern.
  • Pengguna abacus pertama kali bukan orang Cina tetapi Babylonia (4000 SM) yang disusun dari kerikil/batu koral. Istilah “calculus” berasal dari kata “calculi” (bahasa latin untuk batu koral).
  • Tahun 1617 John Napier (Skotlandia) menemukan logaritma dan mengimplementasikan pada tangkai gading yaitu Napier's Bones. Mekanisme alat ini adalah melakukan perkalian dan pembagian melalui penambahan dan pengurangan yang berulang. Alat ini di Inggris tahun 1632 dan masih digunakan hingga tahun 1960-an oleh pekerja NASA untuk misi Mercury, Gemini, dan Apollo (manusia di bulan).


Tahap Mekanikal
  • Leonardo da Vinci (1452-1519) merancang mesin hitung yang dijalankan dari roda bergerigi (gear), tetapi alat tersebut tidak dibuatnya.
  • Mesin hitung yang dijalankan dari roda bergerigi pertama kali dibuat oleh professor Jerman, Wilhelm Schickard tahun 1623. Alat tersebut diberi nama Calculating Clock.
  • Tahun 1642 Blaise Pascal pada usia 19 tahun membuat Pascaline dan digunakan ayahnya untuk menghitung pajak. Pascaline dibuat dari 50 roda bergerigi dan hanya untuk operasi penjumlahan hingga angka 6 digit dan 8 digit.
  • Beberapa tahun setelah Pascal, Gottfried Wilhelm Leibniz (Jerman) membuat Stepped Reckoner.
  • Tahun 1728 Falcon dari Perancis merancang alat tenun yang menggunakan punched cards (kartu yang berlubang-lubang) untuk membuat variasi pola tenun secara otomatis.
  • Tahun 1741 seorang pembuat jam, Jacques de Vaucanson, membuat alat tenun otomatis.
  • Di tahun 1801 Joseph Marie Jacquard (Perancis) membuat mesin tenun yang menghasilkan pola tenun secara otomatis.
  • Tahun 1833 ditemukan konsep pemrosesan data yang menjadi dasar kerja dan prototipe dari komputer sekarang yaitu mesin Babbage’s Analytical Engine yang dibuat oleh Charles Babbage. Mesin tersebut menggunakan 2 macam kartu yaitu operating cards yang menyatakan fungsi tertentu yang akan dilakukan dan variabel cards yang menyatakan data aktual.


Tahap Mekanik Elektronik
  • Tahun 1887 Dr. Herman Hollerith membuat mesin sensus disebut Hollerith Desk dengan konsep machine-readable card dan menggunakan punched card. Hasil perhitungan dengan mesin tersebut ditunjukkan pada dinding mesin.
  • Komputer mekanik mempunyai dua kekurangan utama yaitu :
1. Kecepatan komputer dibatasi kelambanan gerak bagian-bagiannya
2. Transmisi informasi oleh alat mekanik (gir, pengungkit,dsb) yang tidak praktis.



Tahap Elektronik
  • Perkembangan komputer pada peralihan dari mekanik ke elektronik diawali dengan perubahan komponen dasar dari komponen mekanik menjadi tabung hampa.
  • Berawal dari ditemukannya bola lampu pijar oleh Thomas Alva Edison tahun 1879 dan Edison Effect tentang elektron dalam ruang hampa pada tahun 1883.
  • John Ambrose Fleming menemukan Efek Edison dapat menangkap gelombang radio dan mengubahnya menjadi listrik.
  • Fleming membuat tabung hampa 2 elemen yang disebut dioda. Tahun 1906 Lee de Forest membuat trioda yang dapat berfungsi sebagai penguat sekaligus switch. Penemuan trioda ini berdampak pada perkembangan komputer digital.
  • Komputer digital elektronik pertama dibuat tahun 1942, yaitu komputer ABC (Atanasoff - Berry Computer) menggunakan tabung hampa udara.
  • Di Inggris tahun 1944 Tommy Flowers membuat Colossus untuk memecahkan kode-kode rahasia Jerman di masa PD II.
  • Tahun 1944 di US, Howard Aiken bekerja sama dengan IBM sejak tahun 1939 membuat Harvard Mark I atau IBM ASCC (Automatic Sequence Controlled Calculator) yang merupakan komputer digital otomatis pertama. Mark I berukuran raksasa dengan berat 5 ton tinggi 8 feet dan panjang 51 feet, berisi 760000 sparepart dan 5000 mil kabel.
  • Salah satu programmer utama Mark I yaitu Grace Hopper menemukan “bug” (serangga kecil) yaitu seekor ngengat mati yang masuk ke dalam Mark I dan sayapnya menghalangi pembacaan lubang pada paper tape. Kata "bug" kemudian digunakan untuk mendefinisikan kerusakan/kesalahan dan kata “debugging” berarti suatu kegiatan/pekerjaan meniadakan kesalahan program



Mata Kuliah Arsitektur dan Organisasi Komputer
Senin, 16 Nopember 2009

1 komentar:

Unknown mengatakan...

MAKASIH ADMIN