Minggu, 09 November 2008

Tipe Data MS Access

Microsoft Access merupakan program aplikasi dari Microsoft yang dititikberatkan pada pengelolaan database.

Database
Merupakan sekumpulan informasi yang disusun sedemikian rupa agar dapat di akses oleh sebuah software tertentu.
Sebuah tabel database tersusun atas field dan record yang tersimpan dalam sebuah file.Field merupakan satuan terkecil dari informasi dalam sebuah database, sekumpulan field yang saling berkaitan akan membentuk record, gabungan record akan membentuk sebuah file. Field bisa dikatakan juga nama kolom, sedangkan record merupakan baris.

Tipe Data
Microsoft Access memiliki tipe data sebagai berikut :

  1. Text : terdiri dari text atau angka yang tidak memerlukan perhitungan, maximal 255 karakter, misalnya kode pos, nomer telepon.
  2. Memo : text yang panjang, maximal 65.535 karakter.
  3. Number : angka yang digunakan dalam perhitungan matematis
  4. Date/Time : waktu (jam) dan tanggal dari tahun 100 hingga 9999, ukuran 8 byte.
  5. Currency : nilai mata uang atau data numerik termasuk angka desimal yang digunakan untuk perhitungan matematis, ukuran 8 byte.
  6. AutoNumber : bilangan yang muncul secara berurutan interval 1, ukuran 4 byte.
  7. Yes/No : opsi yes dan no dan field yang berisi salah satu dari dua pilihan (yes/no, true/false, on/off), ukuran 1 byte.
  8. OLE Object : objek seperti lembar kerja dari MS Excel, word, file gambar, suara atau data biner lain yang terhubung dengan link ataupun melekat (embedded), ukuran 1 gigabyte.
  9. Hyperlink : Teks dengan hyperlink, dapat memiliki 3 bagian : address berupa URL, subaddress berupa lokasi dalam sebuah file atau halaman dan screen tip berupa teks yang muncul sebagai tooltip, pada setiap bagian berisi hingga 2048 karakter.
  10. Lookup Wizard : data yang berisi beberapa pilihan yang dapat diambil dari tabel lain ataupun diisi langsung, sama dgn ukuran field yg dijadikan sebagai primary key biasanya 4 byte
Sumber : Bpk. Shaiful45

2 komentar:

Hasby Ash-Shidiqy mengatakan...

woi ! w tunggu 'materi-kul' nyang laen y!h2x... nice your ideaz.

Unknown mengatakan...

Terima kasih atas infonya