A. Identifier (Pengenal)
Pengenal adalah suatu nama yang biasa dipakai dalam pemrograman untuk menyatakan variabel, konstanta, tipe data, dan fungsi. Aturan untuk penulisan identifier sama dengan aturan dalam Bahasa Pascal, antara lain:
- Tidak boleh dimulai dengan karakter non huruf- Tidak boleh ada spasi
- Tidak boleh menggunakan karakter-karakter : ~ ! @ # $ % ^ & * ( ) + ` - = { } [ ] : " ; ' < > ? , . /
- Tidak boleh menggunakan reserved words yang ada dalam C++.
B. Tipe Data
Berikut ini tipe data yang ada dalam C++
Tipe data bilangan bulat:
- char
- int (integer)
- short (short integer)
- long (long integer)
- float (real)
- double (real double)
- long double
Selain itu terdapat juga tipe data unsigned ini mirip dengan yang bukan unsigned. Bedanya adalah tipe data ini tidak mengenal bilangan negatif (nilainya selalu posisif).
C. Deklarasi Variabel
Seperti halnya Pascal, variabel yang digunakan dalam program harus dideklarasikan terlebih dahulu. Pengertian deklarasi di sini yaitu mengenalkan variabel ke program dan menentukan tipe datanya. Berikut ini contoh pendeklarasian variabel:
int jumlah;
float harga_satuan, variabel1;
char saya, kamu;
D. Assignment
Proses assignment adalah proses pemberian nilai kepada suatu variabel yang telah dideklarasikan. Berikut adalah contoh assignment:
Jumlah = 10;
Harga_satuan = 23.456;
Saya = ‘B’;
Kamu = ‘2’;
Untuk pendeklarasian konstanta dalam C++ mirip dengan Pascal. Sintaksnya adalah:
const tipe_data nama_konstanta = value;Contoh:
const float phi = 3.141592;Berikut ini contoh program C++ untuk mencari luas dan keliling lingkaran dengan
jari-jari 7.2;
#include "conio.h"
#include "iostream.h"
void main()
{
const float phi = 3.141592;
float jari_jari, keliling, luas;
jari_jari = 7.2;
luas = phi * jari_jari * jari_jari;
keliling = 2 * phi * jari_jari;
cout << "Program C++ mencari luas & keliling lingkaran dgn jari-jari 7.2 :\n"; cout cout << "Luas lingkaran adalah " <<>
Sumber : http://kliksanasini.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar